Archive for the dongeng Category

Journeys From The Centre Of The Earth

Posted in dongeng on July 20, 2009 by krishandi

dulu aku gak suka nonton TV. terlalu membodohi, itu kesan yg aku dapet dari TV Indonesia. sigh. tapi tidak setelah ada indovision di rumah. 😀

sebenarnya kadang-kadang juga gak kepake tuh TV gara-gara gak ada acara yg menarik (menurutku). tapi tidak begitu kalo ada promosi dari indovision. mereka kadang-kadang suka “membuka” semua saluran meski kita gak ikut bayar untuk all program kek gitu. ini nih yg aku suka. yg ada justru bingung “duuuh mau nonton yg mana niiih? tabrakan kabeh!” haha. TV menjadi begitu adiktif! jarang-jarang lho aku ngerasa kek gitu. :p

dan sore ini tadi adl jadwalnya santai sore di sofa depan TV. tsah~ habis nonton Chibi Maruka 😀 trus aku puter-puter liat channel yg lain. dan… oh! Journeys From The Centre Of The Earth lagi diputer! yayayay. aku suka banget acara ini. hmm, intinya sih acara di bidang geologi gitu. jadi host-nya jalan-jalan dan mengungkap semuanya secara geologis. *bener gak bahasanya geologis? :p* dan acara ini bener-bener terasa seperti memenuhi hasrat keingintahuanku akan pengetahuan baru! hahahaha gaya abesss. tapi serius, dah 2x aku nonton acara ini dan seneng banget!

yg bikin seru adl, sebuah cara pandang baru melihat atau mencoba memecahkan sebuah misteri masa lalu, terutama yg berhubungan dg alam, melalui cara pandang seorang geolog! cara yg unik dan jarang ada. dan pastinya terlihat begitu cerdas untukku! hahaha. salah satunya adl tg kenapa kekaisaran Romawi runtuh?

aku gak tahu banyak juga sih kenapa Romawi bisa runtuh. yg aku tahu, mungkin mereka kalah sama bangsa Galia alias bangsanya Asterix dan Obelix! 😀 tapi si host-nya tadi punya pendapat lain *aku lupa sapa nama host-nya,hehe* berangkat dari pengetahuannya kalo orang Romawi itu sangat suka makan dan minum enak. bahkan karena itu pun mereka jadi terkenal dg sikap rakusnya. nah ternyata! makanan dan minuman mereka yg enak-enak itu, zaman dulu dibuat dg alat semacam panci, wajan, atau apa lah itu, yg berbahan dasar timbal. ketika timbal semakin panas, maka zat timbalnya pun lama kelamaan akan mencampuri bahan makanan atau minuman yg ada di dalamnya. yg berarti… makanan dan minuman bangsa Romawi di zaman dulu itu banyak yg tercampur timbal.

nah, zat timbal ini sendiri ternyata amat sangat berbahaya buat tubuh. bisa menyebabkan gagalnya memiliki keturunan, dan kalo sampai di otak akan merusak kerja sistem syaraf dg serius, seperti menjadi pikun, hiperaktif, atau mungkin yah… jadi gila lah intinya.

melihat dari kenyataan pada silsilah keluarga kekaisaran Romawi dulu, di mana setiap generasi baru jumlahnya hanya menjadi seperempat dari generasi sebelumnya, hal ini bisa jadi merupakan salah satu bukti dr efek timbal yg mereka konsumsi secara tidak sengaja tsb. bahkan ada peraturan konyol di zaman dulu bahwa keluarga kaisar yg mempunya 3 anak lebih boleh membunuh keluarga kaisar yg tidak memiliki anak sama sekali. ha-ha… -_-” semakin berkurangnya jumlah dari anggota kekaisaran Romawi ini pun bisa menjadi salah satu penyebab fatal mengapa akhirnya kekaisaran Romawi runtuh. tentu saja karena itu berarti anggota kekaisaran Romawi dari hari ke hari semakin berkurang, alias punah!

keracunan timbal pun bisa menjadi salah satu alasan dari beberapa tindakan gila kaisar Romawi. ada salah satu kaisar *aku lupa namanya* yg dikatakan dia sangat rakus dan setiap harinya selalu berliur dan bergetar. ada lagi yg katanya menjadikan kudanya sbg penasehat dan menjadikan kerajaannya sbg rumah bordil. dan salah satu yg paling ditakutkan adl si Nero, yg meracuni saudaranya sendiri dan membunuh ibunya!

hmm. menarik. kalo gak karena acara ini gak akan pernah aku terpikirkan untuk melihat sebuah sejarah dr cara yg sangat sangat ilmiah seperti itu. karena selama ini yg aku tahu dalam melihat sejarah ya hanya dari sisi ekonomi, sosial atau politiknya saja. agh, membosankan! :p

sialnya lagi, karena acara ini juga aku jadi tertarik untuk jd seorang geolog! damn~ untungnya calon adik iparku adl seorang calon geolog :p *terus opo’o emange ya? haha* doanya adl, semoga acara Journeys From The Centre Of The Earth segera ditayangkan secara rutin di Metro TV karena BBC Knowledge gak termasuk dalam paket yg aku bayarin ke indovision! darn. -.-“

Advertisements

Childhood Love

Posted in cinta, dongeng, hidup on July 17, 2009 by krishandi

well. ada hal yg cukup menyenangkan buatku di pagi hari ini. adalah… menemukan facebooknya pujaan masa kecil alias kakak kelas yg aku suka! HA-HA-HA!

dia kakak kelas pas SD tepatnya. dulu pernah bareng waktu ikut lomba paduan suara. pertama terpesona *jiah~* karena matanya. ampun, matanya gede banget. jadi lucuuu. dan rambutnya dulu pas SD agak coklat gitu. jadi berpikir “kok ya ada kakak kelas macam gini di SD-ku?” hihi. dan yg tambah bikin lucu adl postur tubuhnya yg saat itu untuk ukuran kelas 6 SD tergolong kecil 😉

sangat menyedihkan saat dia harus lulus dari SD dan aku kehilangan jejaknya… 😦

cerita “aku suka dia” sama orang yg satu ini bisa dibilang cukup mengesankan karena ternyata setelah sekian lama kehilangan jejak, dan yah~ aku memang nggak niat-niat banget untuk mencari tahu tg dia, secara kebetulan sekali kami dipertemukan karena mantan aku! HA-HA. asem. -.-“

agak lupa sih dulu gimana awal ketemunya, tapi yg jelas kami sempat cukup dekat. oh my, seperti mimpi masa kecil yg terwujud! x) untuk meyakinkanku bahwa dia dulu adl kakak kelas yg aku suka, di sms ataupun telpon terkadang masih sering aku konfirmasi ulang ke dia tg hal-hal yg dulu ada kaitannya dg masa SD kita. dan benar! dia memang benar kakak kelas SD yg dulu sangat aku sukai. bahkan bisa dibilang love at first sight! BHAHAHAHA.

masa-masa saat aku dekat dengannya terkadang aku isi dg acara mengingat masa SD dengannya. yah~ walaupun dia tidak mengenalku saat SD karena dulu dia memang sangat pendiam. menyenangkan, sangat menyenangkan! masih teringat sms-smsnya yg dikirim setiap pagi hari. ah, indahnya! dan puncaknya adl kado dari dia untuk ulang tahunku yg ke-17! hanya sebuah boneka. tapi kalau dipikir-pikir, gila juga itu boneka ya sejarahnya, gimana caranya sampai bisa aku dapetin, haha.

sebenarnya bisa dibilang kami tidak pernah bertemu sebelumnya. aku lupa kenapa bisa begitu. tapi yg jelas, pertemuan pertama dan terakhir kalinya dg dia adl saat dia memberi kado itu. di depan sekolahku, hari Sabtu.

dan hari itu juga aku shock. yah~ aku memang suka bad boy. tapi untuk yg satu ini terlalu terlihat bad dan nggak mungkin juga sih kalau itu orang jadi pacarku. *ehem* nggak nggak, memang nggak pernah ada acara penembakan. aku hanya jadi seorang junior lugu yg terlalu berpikir lebih. haha. tapi nggak ada salahnya juga berpikir lebih kalau mengingat kedekatan kita dan status jombloku pas itu. :p lagipula, orangnya juga jauh dari standar jelekku, haha.

karena pulsa habis *wtf!*, aku nggak pernah bisa hubungi dia balik. sampai lama-lama aku kehilangan jejaknya lagi… agak kecewa sih, haha *pembaca bersorak: huuu* tapi yah~ setelah melihat dia lebih jauh, aku jadi berpikir juga, “wew, memang nggak akan mungkin juga sih dia jadi cowokku” ya karena faktor itu tadi, dia terlalu terlihat nakal.

dan aku senang, malam ini aku sudah melihat dia yg berbeda lagi di facebooknya. yah, manusia pasti berubah. tapi tidak untuk wajah cakepnya itu *tuing* hihi. welcome back, my childhood love.

KALIS, I’M SO SORRY 😀 *kiss*

Tribute to Michael Jackson: Part III

Posted in dongeng on July 8, 2009 by krishandi

aku menuliskan ini sambil stand by duduk manis di sofa depan TV. tidak menulis memakai Kacy, karena dia sedang bekerja merekam acara pemakaman terbesar(?), terheboh(?) dan cukup aneh kalau aku rasa.

aku sudah dua kali menuliskan tg Jacko, semuanya ada di blogku. yg pertama tg bagaimana awalnya aku menyukai dia, kedua tg kesedihanku akan hidupnya yg begitu lara, sehingga mungkin memang akan menjadi jauh lebih baik jika hidupnya dihentikan segera. 😦

dan sekarang, ketika aku menonton acara di Staples Center ini, aku kembali bersedih. tadi malam sempat membaca berita bahwa Jacko akan dimakamkan dg cara Islam, akan dimakamkan di pemakaman muslim tradisional. tapi ternyata… malam ini entah ada di mana lagi pemakaman yg menggunakan tiket, rebutan pula! dan setiap saatnya dikeploki! bahkan ketika jasadnya dihadirkan di tengah-tengah Staples Center! ckckck. karena itu aku bilang ini menjadi pemakaman yg cukup aneh. -___-”

well, sedikit bersedih dan heran. kalau dia memang sudah masuk Islam, kenapa tidak ada orang yg bersaksi dan bicara ke seluruh media kalau memang dia Islam. bahkan saudaranya Jermaine sekalipun! katanya Jacko mengucapkan salawat di rumah temannya di LA. kalau memang benar, bisalah disampaikan kepada dunia. kalaupun itu tidak benar, juga tolong disampaikan. karena masih saja ada banyak orang yg bertanya-tanya tg agamanya saat ini. termasuk aku…

kasihan. KASIHAN. dia sudah hampir 2 minggu meninggal, tapi masih saja belum dikebumikan. apa mungkin dibalsem ya? *sotoy* bahkan dia diotopsi sampai 2 kali! *sigh* kalau di Islam, disentuh sedikit saja itu katanya sudah sangat sekali. apalagi diotopsi sampai 2 kali?! bahkan ada isu juga otaknya diambil untuk diperiksa! OH MY GOD!

ah… lama-lama pengen menangis juga. lebay nggak urus dah, haha. :(( ya Tuhan, maafkanlah dosa-dosanya, terimalah segala amal baiknya. ya, dia orang yg baik, sangat baik.

Bye, Michael Jackson, Jacko, Mikaeel.

Bye June, Hello July!

Posted in dongeng on July 6, 2009 by krishandi

entah kenapa, di awal bulan Juli kemarin sempat melihat beberapa blog dan status FB yg intinya mereka seperti senang akan datangnya bulan Juli. tapi sy tidak, justru yg ada sy asyik memutar memori lama saat bulan Juni tahun lalu.

bukan karena sy ulang tahun di bulan Juni, yah~ walaupun memang Juni pasti menjadi bulan yg spesial untuk sy, tapi lebih karena di Juni 2008 ada beberapa kenangan yg baik dan sedikit menyakitkan sebenarnya.

yg baik adl, jelas, sy ulang tahun! lol. bukan bukan, tahun lalu di bulan Juni adl saat sy kembali lagi untuk memilih bersamanya. masih teringat dg jelas bagaimana kami berlima: sy, dia, arie, nanaw dan mbi, pergi naik Fitonya mbi ke pantai di kawasan Wonosari. sampai akhirnya perjalanan kami berakhir di Pantai Sepanjang. mendadak kami seperti menjadi sebuah pemilik pantai pribadi, pantai yg tidak ada penghuninya! keren banget memang Pantai Sepanjang saat itu. kenapa sy blg saat itu? karena saat ini Pantai Sepanjang sepertinya sudah terkena dampak global warmin, jadi ketinggian airnya sudah naik jadi sudah tidak bisa lagi bermain di padang rumput laut yg dulu. tapi nggak tahu lagi sih kalau kemarin pas ke sana lagi pas pasang, hihi tapi yg jelas, Pantai Sepanjang jadi tempat yg khusus bagi sy.

kemudian sy juga masih bisa mengingat jelas bagaimana angkatan sy alias Komunikasi UGM 2007 bersama-sama berjalan ke Gedung Rektorat / Balairung untuk melakukan foto angkatan. ya, Balairung sempat menjadi saksi bisu kebersamaan kami saat itu. yg sayangnya, semakin ke sini semakin tidak keruan saja angkatan yg satu ini. menyedihkan 😦 entah bagaimana caranya, tapi sepertinya memang sudah akan menjadi sangat sulit untuk dipersatukan lagi. selain karena faktor kelas yg terpisah menjadi A dan B, juga karena konsentrasi studi kami yg berbeda-beda jadi semakin hari semakin terpisah karena mengambil kelas-kels dg objek yg berbeda-beda. kebersamaan yg ada seperti hanya semu. hanya saling sapa tak bermakna. tapi yah~ ya sudahlah. sukses selalu untuk kita.

di Bulan Juni tahun lalu juga adl saat hari-hari terakhir sy berhubungan melalui dunia maya. selepas tanggal 9 Juni, ia kembali ke Surabaya. kemudian tak lama mengurus semua tetek bengek brengsek di Malaysia. hingga akhirnya dia benar-benar kembali lagi ke Indonesia, maka otomatis juga selesailah semua cinta virtual itu. haha. kadang ada sedikit rindu dg masa-masa seperti itu. tapi yah, harus disyukuri untuk cinta yg sudah menjadi riil seperti sekarang, ada di depan mata dan bisa dipegang, haha!

Juni tahun lalu juga berarti teman sy Zulfi masih ada di Malaysia. entah perbuatan macam apa yg dia lakukan di bulan itu, sy lupa, tp yg jelas, di bulan Juni tahun ini dia sudah tidak sy temukan lagi setiap harinya di Y!M sy. dia akhirnya benar-benar kembali ke Indonesia. Alhamdulillah semua tampak berjalan lebih baik dalam hidupnya 🙂 selamat! jangan lupa doa! DAN TRAKTIRAN! hihi.

yah, nggak ada yg penting memang dari tulisan kali ini. hanya menjadi sebuah “acara buka memori lama” seperti yg biasanya sy suka lakukan, hehe

Bye June, Hello July!

NO Golput! :D

Posted in dongeng on July 6, 2009 by krishandi

ini sudah Senin, berarti Pilpres sudah bisa dibilang “besok lusa”! wow senang! hahaha. sy salah satu anak muda yg cukup bangga jika bisa menjadi warga negara yg baik, hihi. ya~ at least hanya dg cara: segera membuat KTP jika sudah tiba waktunya, dan pastinya ikut PEMILU!

masih inget banget pas dulu baru masuk umur 17 tahun di tgl 10 Juni, tgl 14 Juni sudah langsung datang ke kelurahan utk foto dan cetak KTP! hihi. persiapan dokumen untuk buat KTP juga sudah minta tolong satpam perumahan untuk nyiapin dari jauh-jauh hari! X)

sayangnya sbg pemilih pemula dalam PEMILU untuk caleg yg kemarin nggak terdaftar sbg DPT karena ya~ agak maklum juga karena jadi orang baru di rumah sini *walau sebenarnya sudah menetap lebih dari 1 tahun juga sih* tapi untungnya untuk PEMILU Pilpres besok ini sudah terdaftar jadi DPT dong! yey! 😀 sudah siap banget nih mau nyontreng *jujur sebenarnya lebih suka nyoblos, lebih bar-bar gitu kedengarannya, haha!* bahkan sudah berencana minta difotoin papa/mama pas besok lagi megang kertas suara dan mau masukin ke kotak suara. LOL.

see?! saya begitu excited untuk ikut PEMILU, untuk menjadi warga negara yg baik, walaupun hanya dg hal-hal kecil kaya begitu. tapi yg sy heran, kenapa sih masih ada aja gitu orang yg golput? ampun dah. memang sih, hak mereka itu mau jadi golput atau golpit atau apalah. tapi c’mon! nggak usah komentar tg pemimpin ataupun kinerja mereka kalau kalian disuruh milih hanya selama 5 menit aja nggak mau!

ada sedikit permakluman kalau kemarin ada isu bahwa golput diharamkan. karena memang benar juga sih, kalau semua golput, siapa yg jadi pemimpin? halo! kalian-kalian yg golput mau nggak jadi pemimpin untuk 200 juta lebih orang-orang di Sabang sampai Merauke ini? bersyukurlah dan berilah apresiasi untuk mereka yg rasa nasionalismenya JAUH lebih tinggi dari kita, yg mau merelakan waktunya untuk memimpin Indonesia yg ruwet ini! yah, sy memang nggak mau ambil pusing dg alasan lain dr mereka untuk jadi presiden, kalau memang ada…

sy tahu, pasti ada alasan dari kalian para Golput, seperti Sujiwo Tejo yg dg “lantang”nya menyatakan: “golput seumur hidup”. untungnya beliau sekarang sudah punya pilihan. tapi yah, cobalah pikirkan baik buruk dari Golput dan dari menjadi seorang pemilih. merasa percuma dan mengira kalau “ah suaraku nggak ngefek!” ? bagh. jadi orang jangan pesimis-pesimis amat! hehe. kalau kata Alicia Keys nih tadi di BET Award 2009, “Nobody can do everything, but everybody can do something” jadi percayalah bahwa suara sekecil apapun pasti akan ada manfaatnya! 🙂 Indonesia memang sedang mengalami masa krisis kepercayaan. tapi kalau caranya dg menjadi Golput terus, krisis itu juga nggak akan ada selesainya.

jadi tolong, jangan golput deh!

Tribute to Michael Jackson : Part II

Posted in coretan, dongeng on July 6, 2009 by krishandi

Anakmu bukanlah milikmu, mereka adalah putra-putri kehidupan.

Mereka terlahir melaluimu, tetapi bukan berasal darimu, karena itu mereka ada bersamamu tapi bukanlah milikmu.

Engkau harus memberi mereka cintamu, tetapi bukan pemikiranmu, karena mereka punya pemikiran mereka sendiri.

Engkau bisa memberikan rumah untuk tubuh mereka, tetapi tidak untuk jiwanya. Karena jiwa mereka akan tinggal di rumah masa depan, yang tidak bisa kau kunjungi, bahkan dalam mimpimu sekalipun.

Engkau boleh mencoba meniru mereka, tapi jangan memaksa mereka menirumu, karena kehidupan tidak pernah berjalan mundur, tidak pula akan terulang.

Engkau adalah busur panah, yang darinya anak-anakmu akan meluncur ke depan.

Sang pemanah menarikmu dengan keagungan-Nya agar anak panah bisa melesat jauh menuju keabadian

Snapshot 2009-07-06 00-34-02

photo from here

entah kenapa saat pertama kali aku ingin menulis tg Jacko, masa kecilnya dan Bapaknya, Kahlil Gibran yg aku ingat. tentang Gibran dan tulisannya tg Anak yg bisa dibaca di bukunya Sang Nabi.

maksudku untuk memasukkan tulisan di atas hanya untuk sedikit menunjukkan benang merah antara Jacko dan perlakuan Bapaknya yg ia dapatkan saat kecil. aku pernah berkomentar, “kasihan ya Michael, sampai sudah meninggal pun sepertinya hidupnya masih nggak tenang” saya prihatin melihat dirinya yg tidak segera dimakamkan. yg ada justru terus saja dipergunjingkan. ia meninggal karena a, b, c, dokter pribadinya dicurigai, suster yg dia telpon diwawancarai, dsb, tapi ia tak kunjung dimakamkan sehingga ia pun tak bisa segera beristirahat dg tenang, rest in peace, R.I.P.

ada sedikit rasa syukur dalam hati ini atas meninggalnya ia. sbg salah 1 orang yg menggemarinya, tentu ada rasa kehilangan yg cukup membekas. yah, mau dibilang lebay juga tak apa. karena memang nggak akan ada lagi lagu-lagu baru dari Jacko, konser spektakuler yg bisa dikagumi, ataupun belaian seorang bapak untuk ketiga anaknya. cukup menyedihkan juga kehilangan dia. tapi kenapa aku bisa bersyukur?

sempat membaca sedikit biografinya, bagaimana ia disiksa bapaknya hampir setiap hari, hingga dipaksa bekerja keras hingga bisa “menghasilkan”. ia seperti tidak bisa menjadi dirinya yg sebenarnya secara utuh. ya, memang dia akui juga bahwa perasaan paling nyaman yg ia rasakan adl saat berada di atas panggung. kesuksesannya sekarang juga bisa dibilang merupakan buah hasil dari didikan bapaknya. tapi apa iya dia harus ditempa dg sebegitu kejamnya?

aku bersyukur, dia tidak perlu lagi dituduh sbg pedofil, dia tidak perlu lagi mendengar kecaman dari MJ Haters, dia tidak perlu lagi susah-susah melarikan diri dari paparazi, tak perlu lagi menahan lelah karena mengidap insomnia akut. mungkin memang Tuhan memilih untuk menghentikan hidupnya yg sudah terlalu lara.

Michael Jackson adl sosok yg mengubah wajah dunia, dan dirinya pun diubah oleh dunia.

aku percaya bahwa Tuhan rindu dg makhluknya yg baik. dan yah, aku rasa Jacko adl orang yg baik. tak ada perlu untuk melihat kontroversi yg ia buat selama ini. bagiku, dia tetap orang yg hebat. mungkin memang ini sudah jalan yg terbaik untuk dia. tidak perlu lagi merasakan kekejaman dunia yg mungkin baginya sudah menjadi begitu susah untuk dipilah antara yg nyata dan tidak nyata.

selamat jalan Michael, selamat beristirahat dg tenang 🙂 *doakan aku bisa takziyah ke Neverland ya! hihi*

Before Go to Bed

Posted in coretan, dongeng, hidup on July 2, 2009 by krishandi

hidup itu pasti seimbang, tapi tidaklah mudah untuk menyeimbangkannya

sederhana saja. kalimat di atas timbul begitu saja dari pemikiran saya. mengapa bisa begitu?

seringkali saya menulis tg keseimbangan hidup dalam blog ini. hidup ini seimbang, dan adil. itu sudah hukum alam, tidak bisa tidak. kalau saya cantik, anda pasti jelek. lol. tidak tidak, ini bukan contoh yg baik.

begini. kita hidup tidak hanya dalam 1 aspek saja. tidak hanya tg cinta melulu seperti kata ERK atau tidak hanya politik melulu seperti debat capres. kita juga hidup dg lingkungan sosial, dg Tuhan, dan pastinya dg alam. alam ini adl sesuatu yg mutlak. tidak ada alam, otomatis kita juga tidak akan ada.  tanpa Tuhan kita juga pasti tidak akan ada.

apakah anda adl seseorang yg kaya, anda adl seorang pejabat, baik dg orang sekitar, anda begitu menjaga hubungan dg sesama manusia. apakah menurut anda hidup anda sudah ideal, adil, seimbang? bisa jadi anda menganggapnya begitu. tapi apakah anda taat pada Tuhan, selalu menuruti perintahNya dan menjauhi laranganNya? jika jawabannya tidak, maka hidup anda menjadi tidak seimbang.

apakah anda seorang model yg cantik, masih muda tapi sudah sukses, kaya dan punya pacar yg OK? ‘what a great life!” mungkin begitu sebagian besar pikiran orang tg anda. tapi apakah anda sudah menjalani kehidupan yg seimbang? bisa ya bisa tidak.

membingungkan untuk anda? bisa jadi. karena kondisi saya sedang tidak OK malam ini untuk menulis. saya hanya ingin memberi tahu, mengapa kalimat tsb bisa saya simpulkan begitu saja. saya berpikir, orang-orang kaya tsb baik dg sesamanya, taat dg Tuhan, kehidupannya dg keluarga juga asyik masyuk. tapi apakah dia baik dg alam? apakah hidupnya tidak menyakiti alam?

sederhana saja. definisi tg hidup anda bisa menjadi berbeda 180 derajat jika anda berpindah posisi untuk melihatnya. hidup anda bisa menjadi baik sekaligus tidak baik dalam waktu yg bersamaan, sekali lagi, tergantung dilihat dari posisi yg mana. sungguh sangat indah membayangkan saya bisa menjadi makhluk yg balance. baik dg sesama, patuh pada Tuhan, perhatian dg lingkungan, dan lain hal sebagainya… apakah bisa menjadi yg seperti itu? semoga saja, AMIEN.

pikiran ini juga membuat saya mengingat kembali bagaimana cara saya menaikkan optimisme saya ketika jatuh atau iri atau sirik dg orang lain. saya selalu melihat orang lain dr sisi jeleknya. memang, saya tahu tidak benar dan tidak baik. “ah, memang sih dia begitu, punya itu. tapi dia tidak begini seperti saya dan dia tidak mempunya ini seperti yg saya miliki! masih ada yg bisa saya banggakan JAUH lebih baik dari dia” kenapa kata jauh saya besarkan? karena dari situlah saya menghipnotis diri sendiri kalau memang orang lain tsb tidak ada apa-apanya dibanding saya.

bukannya saya menjadi tidak ingin berkembang, hanya saja ini cara yg cukup ampuh untuk membuat saya menjadi lebih optimis untuk berdiri lagi setelah jatuh dan untuk kembali mendangakkan kepala setelah tertunduk malu.

selamat tidur.