Journeys From The Centre Of The Earth

dulu aku gak suka nonton TV. terlalu membodohi, itu kesan yg aku dapet dari TV Indonesia. sigh. tapi tidak setelah ada indovision di rumah.๐Ÿ˜€

sebenarnya kadang-kadang juga gak kepake tuh TV gara-gara gak ada acara yg menarik (menurutku). tapi tidak begitu kalo ada promosi dari indovision. mereka kadang-kadang suka “membuka” semua saluran meski kita gak ikut bayar untuk all program kek gitu. ini nih yg aku suka. yg ada justru bingung “duuuh mau nonton yg mana niiih? tabrakan kabeh!” haha. TV menjadi begitu adiktif! jarang-jarang lho aku ngerasa kek gitu. :p

dan sore ini tadi adl jadwalnya santai sore di sofa depan TV. tsah~ habis nonton Chibi Maruka๐Ÿ˜€ trus aku puter-puter liat channel yg lain. dan… oh! Journeys From The Centre Of The Earth lagi diputer! yayayay. aku suka banget acara ini. hmm, intinya sih acara di bidang geologi gitu. jadi host-nya jalan-jalan dan mengungkap semuanya secara geologis. *bener gak bahasanya geologis? :p* dan acara ini bener-bener terasa seperti memenuhi hasrat keingintahuanku akan pengetahuan baru! hahahaha gaya abesss. tapi serius, dah 2x aku nonton acara ini dan seneng banget!

yg bikin seru adl, sebuah cara pandang baru melihat atau mencoba memecahkan sebuah misteri masa lalu, terutama yg berhubungan dg alam, melalui cara pandang seorang geolog! cara yg unik dan jarang ada. dan pastinya terlihat begitu cerdas untukku! hahaha. salah satunya adl tg kenapa kekaisaran Romawi runtuh?

aku gak tahu banyak juga sih kenapa Romawi bisa runtuh. yg aku tahu, mungkin mereka kalah sama bangsa Galia alias bangsanya Asterix dan Obelix!๐Ÿ˜€ tapi si host-nya tadi punya pendapat lain *aku lupa sapa nama host-nya,hehe* berangkat dari pengetahuannya kalo orang Romawi itu sangat suka makan dan minum enak. bahkan karena itu pun mereka jadi terkenal dg sikap rakusnya. nah ternyata! makanan dan minuman mereka yg enak-enak itu, zaman dulu dibuat dg alat semacam panci, wajan, atau apa lah itu, yg berbahan dasar timbal. ketika timbal semakin panas, maka zat timbalnya pun lama kelamaan akan mencampuri bahan makanan atau minuman yg ada di dalamnya. yg berarti… makanan dan minuman bangsa Romawi di zaman dulu itu banyak yg tercampur timbal.

nah, zat timbal ini sendiri ternyata amat sangat berbahaya buat tubuh. bisa menyebabkan gagalnya memiliki keturunan, dan kalo sampai di otak akan merusak kerja sistem syaraf dg serius, seperti menjadi pikun, hiperaktif, atau mungkin yah… jadi gila lah intinya.

melihat dari kenyataan pada silsilah keluarga kekaisaran Romawi dulu, di mana setiap generasi baru jumlahnya hanya menjadi seperempat dari generasi sebelumnya, hal ini bisa jadi merupakan salah satu bukti dr efek timbal yg mereka konsumsi secara tidak sengaja tsb. bahkan ada peraturan konyol di zaman dulu bahwa keluarga kaisar yg mempunya 3 anak lebih boleh membunuh keluarga kaisar yg tidak memiliki anak sama sekali. ha-ha… -_-” semakin berkurangnya jumlah dari anggota kekaisaran Romawi ini pun bisa menjadi salah satu penyebab fatal mengapa akhirnya kekaisaran Romawi runtuh. tentu saja karena itu berarti anggota kekaisaran Romawi dari hari ke hari semakin berkurang, alias punah!

keracunan timbal pun bisa menjadi salah satu alasan dari beberapa tindakan gila kaisar Romawi. ada salah satu kaisar *aku lupa namanya* yg dikatakan dia sangat rakus dan setiap harinya selalu berliur dan bergetar. ada lagi yg katanya menjadikan kudanya sbg penasehat dan menjadikan kerajaannya sbg rumah bordil. dan salah satu yg paling ditakutkan adl si Nero, yg meracuni saudaranya sendiri dan membunuh ibunya!

hmm. menarik. kalo gak karena acara ini gak akan pernah aku terpikirkan untuk melihat sebuah sejarah dr cara yg sangat sangat ilmiah seperti itu. karena selama ini yg aku tahu dalam melihat sejarah ya hanya dari sisi ekonomi, sosial atau politiknya saja. agh, membosankan! :p

sialnya lagi, karena acara ini juga aku jadi tertarik untuk jd seorang geolog! damn~ untungnya calon adik iparku adl seorang calon geolog :p *terus opo’o emange ya? haha* doanya adl, semoga acara Journeys From The Centre Of The Earth segera ditayangkan secara rutin di Metro TV karena BBC Knowledge gak termasuk dalam paket yg aku bayarin ke indovision! darn. -.-“

Leave a Reply

